“Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Awal sampai Sekarang”

Teknologi pada zaman sekarang dapat berdampak kemajuan yang pesat dengan adanya modernisasi yang sungguh luar biasa pada kehidupan manusia era sekarang. Dengan adanya komputer diera sekarang yang super canggih, praktis, dan ringan dibawa kemana pun sangat mempermanja kepada orang-orang yang memakai nya.

Tentu manusia sangat suka teknologi komputer seperti sekarang, namun tahukah kamu bahwa komputer dizaman dahulu merupakan komputer evolusi sebelumnya yang tidak secanggih sekarang ini. Dan definisi komputer sendiri yakni, Komputer adalah suatu barang atau mesin yang dapat menghitung elektronik secara cepat dan menerima input secara digital. Bahasa komputer bermula dari bahasa latin yaitu computare yakni artinya menghitung.

Dari zaman sekarang dan zaman dahulu sudah ada demikian lima generasi komputer, yang tentunya berbeda-beda dari generasi ke generasi selanjutnya. Ya, sejarah memang meninggalkan kenangan berarti untuk sekarang ini, yang seharusnya tidak boleh pula dilupakan.

Jadi, bagi kamu yang belum tahu dan ingin tahu sejarah awal perkembangan setiap generasi komputer sampai generasi sekarang.

Silahkan langsung saja kamu simak dibawah ini: Yuk gabung bersama kami di games bola

1. Generasi Pertama (1946)

Generasi pertama komputer diciptakan sesudah satu tahun Indonesia Merdeka, generasi komputer ini diciptakan secara umum. Generasi komputer pertama kali adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) komputer elektronik yang sengaja diciptakan secara kebutuhan umum. Perkiraan dari komputer ini berukuran panjang 30m, dan tinggi 2,4m dan berat pun diperkirakan 30 ton. Sangat luar biasa bukan komputer ini? Menurut saya luar biasa, bagaimana tidak kalau kita ingin membawa komputer ini secara so pasti memakai mesin berat lainnya seperti konstruktor hehe

Ciri-cirinya:

– Mengeluarkan uap panas secara berlebihan

– Menggunakan daya listrik yang cukup besar

– Proses relatif lambat

– Menggunakan CPU (Central Procces Unit)

– Ukuran bentuk komputer sangat besar

– Program menggunakan Bahasa mesin

– Daya penyimpanan relatif kecil

2. Generasi Kedua (1959)

Generasi kedua adalah lahir pada tahun 1959 dan menggunakan mesin transistor yang dapat mempengaruhi popularitas pada komputer saat itu. Pengembangan kedua ini banyak mengakibatkan keperbaikan pada generasi sebelumnya, seperti menemukan pula memori inti-magnetik yang dapat diandalkannya proses menjadi lebih cepat dan tentu ukuran komputer lebih kecil

Ciri-cirinya:

– Adanya penggunaan transistor

– Kapasitas penyimpanan memori lebih banyak

– Daya listrik lebih kecil ketimbang generasi pertama

– Proses pengoperasian menjadi lebih cepat

– Ukuran bentuk lebih kecil ketimbang generasi pertama

3. Generasi Ketiga (1964)

Generasi ketiga adalah generasi yang menggunakan IC (Integrated Circuit Chip) sebuah chip kecil yang dapat menampung banyak komponen menjadi lebih efisien. Akibat dari transistor pada generasi kedua yang masih mengeluarkan uap terlalu panas, maka para ilmuwan tak menganggap effisien lagi

Ciri-cirinya:

– Penggunaan tidak terlalu panas

– Penggunaan proses lebih cepat

– Bentuk ukuran efisien dan lebih kecil

– Mampu menjalankan program secara bersamaan

4. Generasi Keempat (1979)

Generasi keempat adalah generasi yang menggunakan chip IC yang sudah di inovasi dan dikembangkan secara maksimal oleh para ilmuwan. Dari generasi keempat inilah yang dapat disebut generasi PC (Personal Computer) dan generasi ini memakai chip tunggal tetapi dapat menampung komponen secara skala banyak.

Ciri-cirinya:

– Memakai LSI (Large Scale Intgration)

– Peningkatan kinerja proses lebih cepat

– Penyimpanan kapasitas lebih besar daya tampungnya

– Bentuk ukuran sudah lebih kecil dan modren

– Penggunaan daya listrik mulai sangat hemat dari sebelumnya

– Penggunaan perorang semakin meluas

– Harga ditawarkan sudah dibilang terjangkau

– Menggunakan visual display dan efek suara

– Memakai Chip IC yang lebih canggih

5. Generasi Kelima (Sekarang)

Generasi kelima adalah generasi komputer sekarang yang sudah banyak dijumpai dan diperdagangkan secara massal oleh berbagai merek produk tertentu. Katanya, generasi kelima dicap dan dikerapkan sebagai generasi komputer masa depan masa kini. Generasi kelima tentu sudah memakai perangkat komponen tambahan yang sudah tersusun rapi dan berbentuk ukuran pun kecil, luar biasa lagi ditandai dengan LSI (Large Scale Integration) yang berfungsi pemadatan ribuan microprocessor ke dalam microprocessor.

Sifat canggih lainnya pun memiliki basis GUI (Grahpic User Interface), telkomunikasi, dan multimedia.

Beberapa bukti lainnya dari generasi kelima munculnya Handphone Smartphone, Laptop, Notebook, Ultrabook, Tablet, Phablet, dan mungkin banyak lagi keluar inovosi terbaru nantinya

Bagaimana apakah nanti generasi yang akan datang lebih canggih dari sebelumnya?

Waktu yang bisa menjawab dan beberapa orang ilmuwan penting lainnya, mari kita tunggu. Jadi semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi diri kita.

Be the first to comment

Leave a Reply